3 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Dengan Bercerita di Media Sosial

3 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Dengan Bercerita di Media Sosial

Faktanya, 83% konten dengan narasi yang bercerita mampu membuat follower Anda betah di media sosial. Mereka mau membaca setiap tulisan yang dibuat dan mengikuti semua konten Anda. Narasi yang panjang biasanya ampuh dibagikan orang-orang maupun mengajak mereka berinteraksi. Seperti kisah orang-orang yang menginspirasi, cerita seru para ibu-ibu tentang buah hati, dan lain sebagainya. Biasanya mereka akan ikutan berbagi kisah lewat kolom komentar atau feedback di Instagram story. Cara inilah yang ampuh meningkatkan engagement audiens media sosial Anda.

Bercerita adalah cara sempurna untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan diingat oleh mereka untuk waktu yang lama. Kisah yang sempurna harus memiliki awal, tengah, dan akhir yang tepat. Itulah sebabnya brand yang lebih besar bekerja keras untuk membuat iklan yang mudah diingat oleh audiens di periode waktu yang lebih lama.

Bercerita yang efektif adalah penting bagi brand manapun untuk mendapatkan lebih banyak konsumen di seluruh dunia.

Dengan bercerita, brand Anda bisa membagikan alasan penting ke audiens Anda soal mengapa mereka harus menggunakan brand Anda. Saat ini untuk bisa bertahan di media sosial, Anda perlu menggunakan cara bercerita yang tepat untuk mempromosikan brand. Mengingat 93% pengguna smartphone menggunakan salah satu media sosial dan rata-rata waktu yang dihabiskan di media sosial semakin hari semakin meningkat.

Jadi, dengan bercerita yang efektif, Anda dapat dengan mudah mempromosikan brand Anda di media sosial dan menjangkau audiens yang lebih luas. Outletz telah merangkum cara apa saja yang cocok digunakan bercerita di media sosial. Berikut ini 3 cara mudah meningkatkan engagement dengan bercerita di media sosial.

1. Lebih manusiawi

3 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Dengan Bercerita di Media Sosial
Photo by Akson on Unsplash

Anda harus memahami fakta umum bahwa orang cenderung lebih suka melakukan kontak dengan orang yang bukan dengan bot brand. Jadi, terhubunglah dengan audiens ke sisi pribadi brand. Anda perlu memikirkan layanan apa yang Anda tawarkan pada audiens, jenis penawaran dan manfaat penting saat menggunakan brand Anda.

“Saat berkomunikasi dengan konsumen Anda, usahakan menggunakan bahasa yang luwes sehingga mereka merasa berbicara dengan orang bukan bot.”

Jika Anda dapat menggambarkan hal-hal ini dengan gambar yang tepat, audiens akan jatuh cinta dengan brand Anda. Cara ini tidak hanya digunakan seorang costumer service saja. Membuat narasi yang lebih manusiawi juga perlu Anda terapkan pada iklan dan postingan konten di media sosial Anda sehingga menghubungkan kegiatan mereka sehari-hari.

2. Bagikan cerita dari konsumen

3 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Dengan Bercerita di Media Sosial
Photo by You X Ventures on Unsplash

Perlu diketahui bahwa audiens tidak langsung membeli brand saat dia melihat iklan di media sosial. Namun mereka cenderung menyukai cerita-cerita yang dibuat langsung oleh konsumen produk online Anda. Misalnya seorang audien yang membuat blog dengan me-review produk terbaru Anda.

“97.5% pengguna internet mengatakan mereka menjadi lebih tertarik membeli setelah membaca review pelanggan sebuah produk.”

Konten yang tidak kalah menarik sekarang ini adalah UGC (user-generated content). Konten jenis ini berasal dari pengalaman user produk Anda. Media sosial saat ini sangat mendukung cara ini. Jika menggunakan Instagram story, Anda bisa me-restory konten mereka dan membagikan kembali.

Misalnya, jika Anda menjalankan toko organik maka harus membagikan bagaimana produk organik membantu Anda menjaga kesehatan. Juga bagaimana Anda secara efektif menjual produk organik Anda. Ini akan membantu Anda meningkatkan kredibilitas Anda dengan audiens Anda. Konten yang relevan juga akan membawa semakin banyak trafik pengunjung ke media sosial Anda secara organik Anda.

3. Konsisten

3 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Dengan Bercerita di Media Sosial
Photo by Isaac Smith on Unsplash

Hal yang paling simpel namun menjadi paling susah adalah melakukannya secara konsisten. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisa melakukan ini. Hal tersebut hanya mengubah postingan media sosial Anda menjadi blog mini. Banyak influencer mulai melakukan ini secara teratur untuk menarik semakin banyak follower dan mendapatkan komentar. Tidak hanya di Facebook, Anda dapat melakukannya di twitter di mana Anda dapat mengetik 280 karakter. Bahkan Instagram yang berfokus pada foto akan membantu Anda melakukannya secara efektif.

“Mulailah memposting secara konsisten untuk menjangkau semakin banyak audiens brand Anda.”

Mulai berbagi posting secara rutin. Posting berturut-turut akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas yang pada akhirnya menghasilkan promosi brand Anda. Selain itu, jangan gunakan kata-kata yang rumit dan cobalah untuk menceritakan kisah yang mudah dimengerti oleh semua bagian masyarakat.

Demikianlah 3 cara mudah meningkatkan engagement dengan bercerita di media sosial. Menggunakan bercerita sebagai alat pemasaran di media sosial yang strategis adalah cara mudah untuk melibatkan dan memengaruhi pelanggan. Jadi ikuti hal-hal seperti ketiga poin di atas sehingga Anda dapat menarik lebih banyak audiens di media sosial dengan teknik bercerita yang efektif. Selamat mencoba.

Jika Anda tertarik untuk membuat konten dengan cara bercerita, Anda bisa belajar langsung dari pakar sekaligus mendapatkan knowledge konten bisnis online. Misalnya dengan mengikuti komunitas bisnis online yang diprakarsai https://outletz.id. Komunitas ini belajar bersama untuk bisa meningkatkan omzet bisnis online setiap bulannya. Salah satu hal yang menjadi fokusnya adalah bagaimana mengatur konten di media sosial agar bisa menjangkau semakin banyak audiens dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap bisnis online Anda.

Mau gabung sekarang? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: