3 Cara Mudah Menghindari Kebas Setelah Bekerja Terlalu Lama

outletz-Cara-Mudah-Menghindari-Kebas-Setelah-Bekerja-Terlalu-Lama-info-kesehatan-produk-dropship

Pernahkah Anda merasa kesemutan atau kaku mendadak pada bagian tangan saat bekerja? Jika iya, itu artinya Anda sedang merasa kebas. Apa itu kebas? Kebas adalah kekakuan pada anggota badan akibat terlalu lama beraktivitas secara berulang. Tangan kebas biasa dialami oleh para pekerja, seperti karyawan kasir hingga pekerja kantoran yang berkutat dengan keyboard komputer.

Kebas berhubungan dengan saraf. Untuk bisa bekerja maksimal sesuai fungsi, saraf perlu dijaga. Tangan atau kaki kebas disebabkan terganggunya bagian saraf tepi. Gangguan ini terjadi karena saraf mengalami tekanan. Misalnya karena mengetik terlalu lama. Namun kebas juga bisa terjadi pada saraf yang terjepit, pengapuran atau saraf sobek/ putus akibat kecelakaan.

Terganggunya saraf ini umumnya diderita oleh orang-orang yang berusia 35 tahun ke atas. Namun karena jumlah asupan kalori, konsumsi alkohol dan kekurangan nutrisi, orang-orang yang berusia 35 ke bawah pun dapat mengalami penyakit ini.

Oleh karena itu, alangkah baiknya setiap orang menghindari terganggunya saraf. Apalagi untuk orang-orang usia muda yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja di kantor. Outletz telah merangkum 3 cara mudah menghindari kebas setelah bekerja terlalu lama. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Istirahatkan tubuh

Photo by Kaitlyn Baker on Unsplash

Jika kebas di tangan atau kaki kebas mulai terasa kram atau kaku, biarkan tangan beristirahat selama 10-15 menit. Memaksa tubuh Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan hanya akan memperburuk kondisi.

“Saat terjadi kebas, Anda bisa diam sebentar sekitar 10 menit dan mulai beraktivitas dengan pengulangan yang lebih ringan.”

Jika berada di kondisi kejar target dan sulit istirahat, Anda bisa meringankan pekerjaan. Cobalah untuk mengendurkan pegangan Anda atau kurangi tenaga yang digunakan saat merasa tegang atau memaksa tugas seperti menulis, mengetik, atau menggunakan mesin kasir. Coba gunakan pena soft-grip atau mengetik dengan lebih ringan.

2. Lakukan peregangan

Photo by Avrielle Suleiman on Unsplash

Peregangan di jari-jari tangan Anda dan mengkatkan fleksibilitas otot-otot di tangan dan kaki Anda. Obat kebas alami adalah dengan meregangkan tangan, menggerakan pergelangan tangan, menggepalkan telapak dan menggoyangkan jari-jari Anda untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

“Jaga suhu tubuh ujung tangan dan ujung kaki Anda untuk tetap hangat, hal ini menandakan peredaran darah Anda lancar ke seluruh tubuh Anda.”

Menjaga pergelangan tangan Anda tetap lurus dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf median Anda. Gejalanya lebih umum pada malam hari, jadi mengenakan belat di malam hari dapat membantu meringankan gejalanya sebelum munculnya kebas. Jika Anda memiliki masalah dengan tugas yang berulang di tempat kerja, Anda juga bisa memakai splints pergelangan tangan di siang hari.

3. Minum banyak air putih

Photo by Bit Cloud on Unsplash

Saat tubuh Anda kekurangan cairan, otot-otot tangan Anda akan mudah terasa kram dan kesemutan. Air putih pun sangat berguna untuk memperlancar peredaran darah Anda ke seluruh tubuh dan memperbaiki koneksi syaraf sehingga mencegah rasa kebas itu.

“Kekurangan cairan bisa menjadi penyebab kebas pada otot-otot tangan. Karena itu, saat bekerja sediakan air minum di dekat Anda.”

Salah satu air putih yang berkualitas adalah OW Water, air minum murni aktif dan beroksigen tingginya dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki konektivitas syaraf. OW Water dengan air aktifnya bekerja cepat diserap tubuh. Sementara oksigen tingginya memicu sel syaraf untuk bekerja dengan lancar.

Cara meminumnya pun mudah, hanya meminum 1 botol OW Water pada pagi hari saat bangun tidur dan juga 1 botol OW Water di saat malam hari sebelum tidur.

Demikianlah 3 cara mudah menghindari kebas setelah bekerja terlalu lama. Jika rasa kram dan kesemutan tidak juga sembuh selama berhari-hari, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Mari mencukupkan istirahat, melakukan peregangan dan minum air putih yang cukup untuk menghindari rasa kebas di tangan dan kaki Anda.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: