3 Cara Menjaga Bisnis Online Agar Tetap Relevan & Kekinian

Untuk bisa terus disukai pelanggan, cara terpenting adalah produk jualan Anda tetap menjadi relevan dan kekinian sesuai dengan target market. Kenapa ini penting? Karena dengan relevan, target market merasa dekat dan familiar. Ini adalah perasaan yang perlu dikejar. Coba bayangkan berapa banyak konten di media sosial yang sukses mendorong penjualan produk saat mereka mengangkat isu yang dekat dengan target market.

Mari kita telaah, setiap pebisnis online pasti ingin memiliki bisnis online atau usaha yang bisa bertahan lama dan tetap bisa eksis apapun sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Misalnya, 2 tahun belakangan banyak artis membuka cake kekinian. Seperti Ayu Ting-Ting dengan Kuenya Ayu, Arzeti Bilbina dengan Pisjo Cake, Chelsea Olivia dengan Semarang Wife, dan Syahrini dengan Princess Cake. Tapi sayang, bisnis online cake itu tidak bertahan lama. Bahkan akun Instagram jualan mereka telah berhenti posting konten.

Ya,  bertahan dalam berbisnis online memang tidak mudah. Karena Anda akan menghadapi banyak tantangan dan persaingan. Bisnis yang gagal memuaskan pelanggan atau klien mereka biasanya akan dengan mudah dikalahkan oleh pesaing. Jika hal ini tak segera teratasi, pada akhirnya akan mengakibatkan kebangkrutan.

Namun, sebagai pebisnis, Anda dituntut untuk mampu mengembangkan strategi yang baik dan tepat agar bisnis Anda bisa bertahan lama dan tetap eksis. Berikut adalah kiat tentang cara menjaga bisnis Anda agar tetap di jalur yang benar dan relevan untuk mempertahankan pelanggan Anda dan mencegah kebangkrutan terjadi.

1. Fokus pada tujuan utama

outletz-Cara-Menjaga-Bisnis-Online-Agar-Tetap-Relevan-Kekinian-Instagram

Fokus pada tujuan utama Anda dalam berbisnis online, apakah ingin membuka cabang online shop setelah Anda memiliki toko offline atau hanya untuk memperkenalkan produk paling baru saja? Ketika bisnis Anda mencapai salah satu dari banyak sasaran yang Anda tetapkan di awal, jangan terlalu khawatir bahwa Anda akan mengabaikan tujuan utama Anda dalam menjalankan bisnis.

“Fokus pada apa yang online shop Anda tuju akan lebih mempermudah jalan bisnis online.”

Memperluas jangkauan tujuan bisnis Anda adalah hal yang baik. Tapi itu akan menjadi berbahaya jika Anda tidak memenuhi tujuan awal. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merenungkan dan melihat apakah Anda telah memenuhi tujuan awal. Jika Anda belum, jangan terlalu terburu-buru mengejar tujuan yang mungkin bisa membuat bisnis Anda keluar jalur.

2. Mudah diakses

outletz-Cara-Menjaga-Bisnis-Online-Agar-Tetap-Relevan-Kekinian-Instagram

Jika online shop Anda tidak bisa diakses, lalu bagaimana pelanggan dapat membeli produk Anda? Apapun bisnisnya, Anda perlu memahami perilaku pelanggan. Untuk bisnis yang menjual barang kepada konsumen akhir, Anda dapat membuat toko fisik dengan bangunan dan pelayanan yang lebih nyaman. Misalnya, Anda dapat menempatkan toko di pusat kota sehingga pelanggan Anda dapat dengan mudah membeli produk Anda.

“Cara paling mudah adalah dengan memperhatikan kolam dengan ikan paling ramai. Misalnya dengan berjualan di marketplace.”

Sementara itu, jika Anda menjalankan bisnis online, pastikan untuk menjaga bisnis Anda agar lebih mudah diakses dengan menjalankan berbagai akun media sosial seperti Instagram, Twitter, LinkedIn atau Facebook sehingga calon klien dapat menghubungi bisnis untuk bekerja sama dengan lebih mudah dan dengan lebih sedikit kerumitan.

3. Upgrade pengetahuan

outletz-Cara-Menjaga-Bisnis-Online-Agar-Tetap-Relevan-Kekinian-Instagram

Selalu upgrade dan update pengetahuan bisnis online adalah cara paling yahud dalam bertahan di bisnis online. Upgrade pengetahuan ini bisa dari banyak hal. Misalnya dengan ikut seminar dan workshop, bertemu dengan pebisnis online lainnya, mengikuti tren bisnis hingga membaca buku-buku dari pakar bisnis online yang profesional.

“Upgrade pengetahuan membuat Anda tidak ketinggalan tren bisnis sehingga mampu menjadi relevan dan mengikuti apa yang disukai target market Anda.”

Apapun itu, belajar harus terus dilakukan. Seperti misalnya bergabung dengan Outletz.id. Ini adalah platform bisnis online yang membantu reseller bertemu dengan supplier dan berkerjasama dalam bentuk dropship. Yang lebih menariknya lagi, Anda hanya perlu smartphone saja untuk menjalankan bisnis online bersama Outletz.id. Karena jenis produk, jumlah, pengemasan hingga pengiriman bisa Anda cek melalui aplikasi Outletz.id. Selain itu, untuk menambah upgrade, setiap bulannya rutin diadakan seminar maupun workshop bersama pakar bisnis online.

Mau segera bergabung? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Demikianlah 3 cara menjaga bisnis online agar tetap relevan & kekinian. Cara ini memang harus dilakukan agar Anda dekat dengan customer dan tetap berkomunikasi sehingga engagement pun bisa meningkat. Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: