3 Cara Mencegah Maag Kambuh Lagi Untuk Usia Produktif

outletz-Cara-Mencegah-Maag-Kambuh-Lagi-Untuk-Usia-Produktif-info-produk-dropship-bisnis-online

Gastritis atau penyakit maag merupakan kondisi yang sangat mengganggu aktivitas dan bila tidak ditangani dengan tepat dapat berakibat fatal. Pakar kesehatan menyebut usia produktif rentan terkena sakit maag. Hal ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan makna yang semakin memburuk.

Aktivitas yang padat kerap kali membuat orang usia produktif telat makan atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Belum lagi gaya hidup yang jauh dari pola sehat. Mereka tidak mau ribet dan lebih memilih fastfood. Belum lagi makanan pedas yang tidak jelas bahan-bahannya sehingga bisa merusak dinding lambung.

Masalah kesehatan seperti maag memang tidak pernah menjadi perhatian orang usia produktif. Karena sebagian besar dari mereka berpikir maag sebagai sakit yang wajar dan bisa sembuh sendiri. Padahal menurut pakar kesehatan, apabila sakit maag dibiarkan berlarut-larut dan tidak ditangani dengan baik, bisa berujung pada kanker lambung.

Mengingat fatalnya sakit maag yang sering disepelekan, sudah saatnya kini gasttitis menjadi perhatian. Bahkan jika bisa, siapapun termasuk usia produktif perlu menghindari sakit maag. Berikut ini 5 cara mencegah maag kambuh lagi untuk usia produktif.

1. Hindari kopi

Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Beberapa jenis minuman seperti es kopi susu, minuman bersoda, dan minuman dengan kadar pemanis yang tinggi juga digemari dapat memicu sakit maag. Kopi termasuk dalam minuman yang tinggi kandungan kafein.

“Kebiasaan minum kopi sebelum makan atau minum kopi dalam jumlah banyak demi menghilangkan kantuk, terbukti menyebabkan penyakit maag.”

Meskipun berfungsi sebagai stimulant atau penambah energi, kandungan ini bisa merangsang peningkatan produksi asam lambung. Bahkan, kafein juga telah terbukti mampu membuat tidak berfungsinya katup diantara lambung dan tenggorokan dengan baik sehingga membuat asam lambung lebih rentan naik hingga ke kerongkongan atau mulut.

2. Kurangi konsumsi makanan pedas

Photo by Cel Lisboa on Unsplash

Khusus untuk kebiasaan makan pedas, makanan ini mampu membuat produksi asam meningkat. Selain itu, kandungan capsaicin di dalam cabai yang bisa membuat makanan menjadi pedas mengiritasi lambung. Hal ini akan membuat lambung rentan mengalami luka.

“Daripada konsumsi makanan pedas, disarankan untuk beralih ke makanan tinggi serat berperan dalam menghalau penyakit maag, terutama di duodenum (usus dua belas jari).”

Sementara itu, makanan yang tinggi lemak atau makanan yang digoreng bisa membuat laju pencernaan menjadi semakin lambat. Hal ini akan memicu produksi asam lambung yang berlebihan ini naik hingga ke kerongkongan.

3. Jaga pola hidup sehat

Photo by Johnny McClung on Unsplash

Pakar kesehatan menyarankan, untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat jika ingin mencegah datangnya maag atau kenaikan asam lambung. Caranya adalah dengan selalu makan tepat waktu, menurunkan asupan makanan pedas dan berlemak, memperbanyak asupan makanan berserat seperti sayur dan buah, dan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari.

“Perbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman dan memulai pola hidup sehat.”

Hindari kopi atau minuman bersoda yang justru memicu naiknya asam lambung Anda, gantikan dengan air minum yang sehat dan bebas bahan kimia. Salah satu air minum yang sehat adalah OW Water, air minum dengan 3 keunggulan : air murni, aktif dan beroksigen tinggi yang baik untuk memaksimalkan kerja lambung, membantu mendetoksifikasi bahan-bahan kimia yang ada di makanan instan, dan memperlancar metabolisme lemak dalam tubuh. Meski hidup di zaman generasi milenial, miliki gaya hidup yang sehat untuk lambung Anda.

Demikianlah 3 cara mencegah maag kambuh lagi untuk usia produksi. Tips di atas disarankan dilakukan secara konsisten dan rutin. Yang tidak kalah penting, perhatikan porsi makanan yang tidak terlalu banyak. Selamat mencoba.

Outletz.id adalah platform bisnis online yang menyediakan ribuan variasi produk untuk para reseller. Cara penggunaannya pun mudah. Anda tinggal bergabung dengan outletz dan segala kemudahan berbisnis online bisa Anda dapatkan. Salah satunya, Anda tinggal terima beres proses pengiriman. Jadi packing dan pengiriman dilakukan oleh outletz.id. Sehingga Anda nggak perlu ribet mengecek keadaan barang, menyiapkan bubblewrap untuk packing, mengukur volume maupun berat pengiriman. Anda bisa mengetahui semua proses itu hanya melalui aplikasi Outletz.id. 

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: