3 Cara Jitu Membuat Olshop Makin Laris dengan Media Sosial

outletz-cara-jitu-membuat-olshop-online-shop-makin-laris-manis-dengan-media-sosial

Membuat olshop makin laris dengan media sosial tidaklah sulit. Apalagi kini makin banyak media sosial yang mendukung bisnis online. Namun yang jadi permasalahan adalah media sosial mana yang cocok dengan target market Anda sehingga bisa relevan dan mudah menjaring semakin banyak calon konsumen. Dengan begitu, tentu lebih membuat online shop Anda semakin laris manis.

Ada banyak media sosial yang digunakan untuk mempromosikan produk jualan online. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan yang terbaru TikTok. Media sosial tersebut memiliki karakter pengguna yang berbeda. Mulai dari usia, gender, hobi, interest, dan lain sebagainya. Dari kategori tersebut, cara promosi tentu berbeda. Tidak mungkin kan gaya bicara yang dilakukan sama. Anak muda usia 20 tahun ke bawah tidak akan suka dengan penulisan yang kaku seperti caption akun media sosial perusahaan. Begitu pula dengan media sosial dengan target market pengguna internet berusia 40 tahun ke atas akan merasa aneh membaca caption ala generasi millennial.

Karena itu, Anda perlu tahu cara apa saja untuk bisa membuat online shop semakin laris dengan media sosial yang tepat dan efektif. Outletz telah merangkum konsep-konsep yang bisa diterapkan di online shop Anda. Sehingga dengan memahami dan mempraktekkan cara tersebut, Anda dapat membuat strategi dan menambahkannya ke channel penjualan sehingga tujuan online shop semakin laris cepat tercapai.

Berikut ini 3 cara jitu membuat olshop makin laris dengan media sosial yang bisa Anda pertimbangkan dan ditambahkan ke proses penjualan Anda. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Kedekatan sosial

outletz-cara-jitu-membuat-olshop-online-shop-makin-laris-manis-dengan-media-sosial

Kedekatan sosial menjadi cara jitu pertama yang ampuh membuat online shop Anda semakin laris dengan media sosial. Ini merujuk pada penggunaan koneksi sosial Anda, dan orang-orang dari tim penjualan Anda dan kolega lainnya. Misalnya, Anda akan me-launching produk, lalu meminta bantuan teman Anda posting di Instagramnya untuk mempromosikan produk terbaru Anda. Semakin banyak teman dengan engagement yang kuat di media sosial, cara ini sangat ampuh membuat online shop Anda semakin laris.

“Keuntungan dari pertumbuhan jaringan online Anda secara konsisten adalah berakhir dengan semacam hubungan sosial dengan masing-masing calon pembeli Anda.”

Semakin banyak hubungan timbal balik yang Anda miliki, semakin tinggi kedekatan sosial. Dengan demikian, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan rujukan maupun calon konsumen yang baik dan cepat. Ini selalu merupakan cara terbaik untuk mendapatkan semakin banyak calon konsumen dari relasi maupun kolega bisnis Anda.

2. Memahami lingkungan calon konsumen

outletz-cara-jitu-membuat-olshop-online-shop-makin-laris-manis-dengan-media-sosial

Memahami lingkungan calon konsumen Anda adalah cara terbaik membuat online shop semakin laris. Konsep pengaruh lingkungan yang memungkinkan penjualan online ini dapat memetakan dan memahami karakter calon konsumen. Misalnya, Amanda telah menjadi konsumen tetap. Setiap ada produk baru, dia menjadi pembeli pertama. Amanda adalah pelanggan yang menguntungkan. Bisa jadi teman-temannya dapat mendatangkan keuntungan yang sama. Inilah sebabnya, mengetahui lingkungan konsumen Anda adalah hal yang baik.

“Jika Anda sudah mengetahui circle pertemanan beberapa konsumen Anda, hal itu akan lebih mudah mempromosikan produk baru di kampanye selanjutnya.”

Biasanya dengan menggunakan LinkedIn, akan memudahkan Anda dalam mengetahui koneksi yang dimiliki konsumen Anda. Cara lainnya adalah melihat mutual friend di Facebook maupun Instagram. Dekati dan pahami pertemanan konsumen Anda. Jika merasa kesulitan, Anda bisa mengajak pelanggan menjadi affiliate dengan mempromosikan produk terbaru Anda. Memanfaatkan koneksi yang ada umumnya merupakan pendekatan yang jauh lebih sukses.

3. Konten pemicu pembelian

outletz-cara-jitu-membuat-olshop-online-shop-makin-laris-manis-dengan-media-sosial

Pembelian produk online bisa dipicu lewat konten di media sosial. Konten ini bersifat hardsell atau softsell. Misalnya: konten hardsell seperti informasi produk berupa harga maupun feedback soal produk Anda. Untuk konten softsell, Anda bisa mengangkat sisi lain yang berkaitan dengan produk maupun bisnis online. Misalnya: Anda memiliki bisnis yang menjual produk-produk bayi, Anda bisa membuat konten yang membahas nama-nama bayi sebagai sarana untuk menghubungkan ke prospek masa depan.

“Dengan memantau kata kunci yang tepat di trending topik, Anda dapat menangkap pemicu ini di sekitar produk atau layanan Anda.”

Untuk reseller, pembelian produk besar-besaran disebabkan karena marketing yang menarik, adanya pendanaan khusus, ekspansi geografis atau teritorial, mudahnya mendapatkan persetujuan pemerintah, perekrutan manajemen tingkat strategis atau menengah-atas, kemudahan menjangkau produk, penambahan atau perubahan pada dewan direksi, maupun tren produk baru.

Demikianlah 3 cara jitu membuat olshop makin laris dengan media sosial. Tips di atas bisa menjadi pendukung cara yang telah Anda lakukan selama ini di online shop Anda. Semoga Anda memahami calon target sehingga lebih mudah menjangkau mereka. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang tertarik mempelajari bisnis online lebih lanjut, sebaiknya Anda bergabung dengan komunitas bisnis online yang dibuat Outletz.id. Karena bergabung dengan komunitas akan membuat tujuan bisnis online lebih cepat tercapai. Coba bayangkan, jika Anda ingin berbisnis online tapi malah sering nongkrong dengan komunitas sepak bola. Online shop malah tidak terurus. Oleh karena itu, segera bergabung dengan komunitas bisnis online Outletz.id untuk mendapatkan insight bisnis terkini dari pakarnya.

Mau segera bergabung? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: