3 Cara Efektif Branding Produk UKM di Media Sosial

outletz-Cara-Efektif-Branding-Produk-UKM-di-Media-Sosial-usaha-kecil-menengah-bisnis-online-olshop-dropship-digital-marketing

Ketika mengelola media sosial sebuah produk, Anda akan bersinggungan dengan branding. Sebuah proses membangun merek Anda agar semakin diingat oleh calon konsumen maupun pelanggan. Apakah semua jenis usaha membutuhkan branding? Yap! Termasuk UKM.

Adanya merek mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk. Misalnya ketika membeli mie instant, yang tercetus langsung Indomie goreng atau merek pasta gigi yang diingat adalah Pepsodent. Begitu pula saat Anda ingin ngopi di mal, mungkin Starbucks menjadi pilihan. Adanya sikap konsumen yang saat memilih dan langsung tertuju pada merek tertentu merupakan value penting.

Siapa yang tidak mau produknya menjadi prioritas dalam pikiran konsumen? Karena itu, branding wajib dilakukan untuk semua jenis usaha online apalagi oleh bisnis yang baru saja merintis. Cara mudahnya bagaimana? Dengan melakukan branding di media sosial. Cara ini dianggap lebih mudah bertemu dengan ribuan calon konsumen Anda.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk branding di media sosial bagi para pelaku UKM? Outlez telah merangkum 3 cara efektif yang bisa diaplikasikan secara mudah. Berikut ini 3 cara efektif branding produk UKM di media sosial. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Punya gaya bahasa & desain yang konsisten

Photo by William Iven on Unsplash

Hal pertama yang harus Anda lakukan dengan benar adalah memikirkan karakter produk Anda. Karakter inilah yang akan Anda pakai dan diaplikasikan di media sosial. Entah pada gambar profil, feed, stories, bio hingga kata-kata caption.

“Gaya bahasa membuat calon konsumen maupun pelanggan semakin mudah mengingat brand Anda.”

Untuk mempermudah, Anda perlu menulis semua ini. Gaya penulisan dan kata-kata yang Anda gunakan untuk satu posting harus cocok dengan yang Anda gunakan untuk posting lain di semua saluran media sosial Anda. Apakah Anda ingin terdengar lebih konservatif? Lebih formal? Atau mungkin kombinasi keduanya? Yang penting adalah Anda memilih satu gaya dan tetap menggunakannya di berbagai konten media sosial Anda.

2. Membuat konten yang fokus pada brand

Photo by Form on Unsplash

Cara penting lain untuk membangun kehadiran brand Anda adalah dengan tetap berpegang pada topik, hanya membuat dan berbagi konten yang relevan dengan topik tersebut. Ini akan membantu Anda menarik penggemar yang tepat dan membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.

“Buat konten yang mewakili brand Anda.”

Misalnya, Anda merintis bisnis yogurt. Konten di media sosial yang bisa Anda angkat, tidak hanya tentang yogurt saja. Anda juga bisa membuat konten seputar kesehatan, kebugaran, makanan sehat dan olahraga. Itulah konsep branding yang ingin mereka proyeksikan. Untuk membuktikan efisiensi strategi ini, lihat saja bagaimana ini membantu mereka membangun basis penggemar yang menarik di Pinterest.

3. Tambahkan konten visual dengan logo

Photo by Kristian Egelund on Unsplash

Jika Anda secara teratur berbagi konten visual di saluran media sosial, maka Anda berada di jalur yang benar. Karena menggunakan konten visual di media sosial Anda akan membuat dampak yang nyata pada metrik keterlibatan Anda.

“Konten visual yang ditambahkan logo akan membantu brand Anda makin dikenal orang lain.”

Namun membuat konten visual yang hebat tidaklah cukup. Jika ingin membangun brand yang hebat, Anda juga perlu memastikan bahwa visual perlu diberi logo. Menambahkan logo dapat memperkuat kehadiran sosial Anda, dan dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, terutama ketika pengguna lain membagikan konten Anda di web.

Manfaat lain adalah dapat membantu menarik backlink ke situs Anda, karena orang lain akan menyebut Anda dan menautkan sumber (situs web Anda) jika mereka menanamkannya di situs web atau posting blog mereka.

Demikianlah 3 cara efektif branding produk UKM di media sosial. Ketiga cara tersebut perlu dilakukan secara konsisten agar branding Anda segera bisa menyebar. Selamat mencoba.

Jika Anda ingin belajar branding lebih jauh, Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis online Outletz.id. Komunitas ini berisi para member yang juga ingin tahu perkembangan bisnis online. Di pertemuan rutin, selain diadakan seminar bersama pakar bisnis online terkemuka, Anda akan bersama para pebisnis online lainnya yang juga sedang memulai berbisnis. Jadi Anda bisa sharing problem bisnis dan mendapatkan jawabannya langsung dari pakar dan pebisnis online lainnya.

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

 

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: