10 Tips Memilih Teko Listrik yang Laris Diburu Ibu-Ibu Muda

Kebutuhan akan teko listrik semakin diburu beberapa hari belakangan. Cuaca yang tidak menentu ketika sinar matahari menyengat namun malah terasa dingin inilah yang membuat kendi canggih dibutuhkan di masyakarat. Teko listrik membantu mencukupi kebutuhan memasak air yang biasa dilakukan di pagi hari. Terutama jika Anda menyukai minuman hangat seperti teh, kopi ataupun susu.

Proses penggunaan teko listrik pun mudah. Alat elektronik ini hanya diaktifkan saat dibutuhkan saja. Begitu proses memasak air selesai dikerjakan, alat ini dapat langsung dimatikan. Biasanya sisa air dibiarkan saja atau dibuang. Anda bisa memulai merebus lagi dan tak perlu menghiraukan hasil rebusan sebelumnya. Selama ada listrik, perangkat ini bisa digunakan dan berfungsi dengan baik. Hanya perlu “sedikit” kesabaran saja, karena dibutuhkan waktu ± 20 menit untuk mendapatkan air mendidih dari perangkat ini.

Teko listrik merupakan alat elektronik yang mengalami pengembangan fungsi. Dari yang hanya dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan air hangat, kini membantu untuk memasak mie instant. Tidak hanya itu, teko listrik juga digunakan untuk merebus telur atau sekadar menghangatkan sayur berkuah (sop).

Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil dari teko listrik. Perangkat elektronik satu ini menjadi salah satu alat yang wajib ada di dapur rumah. Nah, sebelum membeli teko litrik, alangkah baiknya Anda mengetahui dulu tips dan triknya. Cek ulasannya berikut ini.

1. Kapasitas teko listrik

 

Photo by Wang Xi on Unsplash

Pertama, Anda perlu menentukan seberapa banyak air yang Anda butuhkan. Sebagai patokan, segelas kopi membutuhkan sekitar 140 ml air dan 1 bungkus mi instan membutuhkan 300-500 ml air. Ditambah kebutuhan lainnya, maka kemungkinan Anda membutuhkan sekitar 1 liter air panas. Teko listrik yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda, biasanya mulai dari 1 liter sampai 2 liter. Namun, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan teko listrik yang berkapasitas 1,5 liter.

“Jika sehari-harinya Anda hanya akan merebus air untuk 1 atau 2 cangkir teh atau kopi, maka teko listrik yang cocok adalah ketel listrik berukuran 1L.”

Agar tidak perlu repot-repot memanaskan air berulang-ulang, disarankan memakai teko dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. Sebagai informasi, ukuran teko listrik biasanya berkisar antara 500-1500 ml. Jika ingin kapasitas lebih besar, lebih dari 2 liter misalkan, akan lebih baik menggunakan termos listrik saja.

2. Teliti material

Photo from Words I Seek

Dibalik harga yang murah dan juga berbagai kemudahan yang ditawarkan, ternyata teko listrik mempunyai risiko bahaya tersendiri. Meskipun alat pemanas air ini aman untuk digunakan, pemanas yang berbahan plastik sebenarnya rentan terhadap bahaya daripada pemanas berbahan stainless steel. Alangkah baiknya jika kamu membeli teko listrik dari bahan stainless steel.

“Teko listrik dengan bahan PP atau polipropilena lebih sulit menghantarkan panas, sedangkan teko dengan bahan stainless steel lebih cepat menghantarkan panas.”

Tidak seperti teko yang dipanaskan di kompor, teko listrik seringkali digunakan di atas meja. Suhu teko dan uap panas yang keluar dapat melukai Anda sehingga Anda pun harus berhati-hati. Untuk itu, pilihlah produk yang memiliki lapisan ganda, di mana panas menjadi lebih sulit ditransmisikan ke luar teko. Sebaiknya Anda juga memilih teko listrik yang tidak mengeluarkan uap atau steamless.

Baca Juga: 7 Produk Online Shop Terlaris Untuk Anak Kos

3. Ada fitur auto-shut off

Photo from Outletz.id

Auto-shut off atau boil dry protection ini adalah fitur keselamatan yang sangat penting. Fitur ini membuat teko listrik dapat mati sendiri jika airnya sudah mendidih. Jika fitur ini tidak bekerja, akan terjadi bahaya kebakaran yang besar ketika Anda lupa mematikan teko listrik untuk waktu yang lama.

“Fitur keselamatan pada teko listrik akan membuat Anda aman dan jauh dari kecelakaan seperti kebakaran.”

Untuk Anda yang tertarik membeli teko listrik, berikut ini salah satu produk keluaran Idealife yang layak Anda pertimbangkan. Auto Electric Kettle dari Idealife terkenal elegan dan kuat. Kelebihan utama dari teko listrik ini adalah dilengkapi dengan water level indicator untuk memantau kondisi air di dalam alat ini. Selain itu, teko canggih ini juga dilengkapi dengan overheat protection, sehingga mesin akan mati ketika air telah mendidih sehingga Anda terhindar dari kecelakaan seperti kebakaran. Waktu memasak teko listrik ini juga cenderung cepat yakni sekitar 3-5 menit. Keunggulan ini juga yang membuat banyak orang tertarik menjadi reseller produk Idealife. Untuk Anda yang tertarik merasakan langsung keunggulan Auto Electric Kettle dan menjadi reseller dari Idealife, registrasi di sini, klik ►https://go.outletz.id/.

4. Kemampuan menyimpan panas

Photo from Words I Seek

Memanaskan air dengan teko listrik sangatlah praktis dan lebih hemat energi. Namun akan sangat merepotkan jika air yang dipanaskan menjadi dingin dan harus dipanaskan ulang. Selain membuang waktu, Anda pun jadi boros energi. Oleh karena itu, pilihlah teko listrik yang mampu mempertahankan suhu air sehingga tidak perlu berkali-kali memanaskan air.

“Teko listrik yang bisa menjaga panas hingga 1 jam juga diminati para ibu karena tidak sering memanaskan air lagi.”

Fitur penting kemampuan teko listrik untuk menjaga agar air tetap hangat setelah mendidih banyak diminati orang-orang. Beberapa model akan mampu menjaga air pada suhu yang diinginkan selama 30 menit-1 jam. Beberapa model teko listrik bahkan memiliki pilihan menjaga kehangatannya, sehingga Anda bisa memilih saat menggunakan fitur ini.

Baca Juga: 5 Barang Paling Laku Dijual di Media Sosial

5. Fitur pemilihan suhu

Photo by Manki Kim on Unsplash

Ketika memanaskan air matang untuk susu bayi, kita tidak membutuhkan air mendidih hingga bersuhu 100°C. Repot jika harus menunggu hingga suhu menurun dulu. Untuk itu, lebih praktis jika kita bisa mengatur suhu air yang diinginkan. Pada beberapa teko listrik, suhu yang diinginkan bisa diatur seperti 60°, 80°, dan 100°C sehingga jelas lebih memudahkan Anda dalam berbagai macam penggunaan.

“Kini semakin canggih teko listrik memudahkan orang tua muda mendapatkan air panas bersuhu khusus. Misalnya untuk kebutuhan bayi.”

Beberapa model canggih memiliki fitur pemilihan suhu yang memungkinkan pengguna mendidihkan air ke tingkat yang diinginkan (misalnya, 175 derajat untuk teh hijau dan 200 derajat untuk teh herbal) Meskipun ini bukan fitur utama pada teko listrik, namun keberadaannya bisa menambah kenyamanan dan bisa menarik minat beberapa orang.

6. Kabel bisa dilepas

Photo by Lisa Fotios from Pexels

Meskipun seringkali dilupakan, periksalah panjang kabel yang tersedia. Jika panjang kabel terlalu pendek atau terlalu panjang, hal itu mungkin akan merepotkan Anda. Selain itu perhatikan juga kualitas dari kabel.

“Dianggap mengganggu, beberapa jenis teko listrik menyediakan model yang kabelnya bisa dilepas agar aman. Apalagi bila ada anak-anak di sekitar.”

Salah satu hal yang paling mengganggu ketika menggunakan teko listrik adalah kabel yang menghalangi saat mereka menuang air. Oleh karena itu, teko listrik dengan model tanpa kabel atau yang kabelnya dapat dilepas lebih disukai oleh sebagian besar orang. Selain itu, kebanyakan teko listrik model baru memiliki basis terpisah, memungkinkan pengguna mengangkat dan membawa teko listrik menjauh tanpa terganggu oleh kabelnya.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Anda Perlu Mencoba Jualan di Marketplace

7. Anti slip

Photo from Words I Seek

Pegangan adalah bagian penting dari teko listik. Bagian ini sangat penting agar Anda bisa nyaman saat mengangkat teko listrik. Karenanya, pilih teko listrik dengan pegangan yang nyaman dan anti slip. Tentu kamu tidak ingin air panas tumpah saat menuang airnya, kan? Kebanyakan model teko listrik yang ada saat ini memiliki pegangan anti slip yang dirancang dengan ergonomis dengan pegangan yang nyaman untuk tangan. Penting juga untuk memperhatikan apakah gagang teko listrik tersebut anti panas atau tidak. Pasalnya, jika gagang tersebut panas, tanganmu bisa terluka.

“Selain anti slip, Anda juga bisa menggunakan tombol safety lock yang harus dilepaskan ketika ingin menuangkan air agar mencegah air tumpah maupun terkena air panas”

Beberapa produk memiliki penempatan kabel yang kurang baik sehingga teko sulit diletakkan dengan stabil. Untuk mengantisipasinya, kami menyarankan Anda untuk memperhatikan deskripsi produk dan review produk sebelum membeli. Selain itu, ada pula teknologi safety lock yang memiliki fungsi pengaman yang bisa mencegah air tumpah. Khususnya kalau di rumah ada anak kecil, karena mereka seringkali bermain tanpa memperhatikan sekitarnya. Terkena air panas bisa menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan sehingga teko listrik dengan fitur anti tumpah ini dibutuhkan.

8. Teliti harga

Photo from Words I Seek

Teko listrik sederhana dengan fitur terbatas biasanya dipatok dengan harga kisaran Rp 100.000, sedangkan model teko listrik dengan kualitas lebih tinggi dan berkapasitas lebih tinggi bisa dibanderol sampai Rp 1.000.000.

“Semakin banyak teko listrik dengan harga terjangkau dan memiliki fitur melimpah. Anda hanya perlu teliti agar tidak merugi ketika membeli.”

Jika Anda hanya mencari teko listrik yang akan memanaskan air dengan cepat dan tidak terlalu khawatir dengan daya tahan jangka panjang, maka salah satu model di kisaran Rp 100.000-Rp 400.000 akan cukup untuk kebutuhanmu. Jika Anda menginginkan teko listrik dengan bahan berkualitas tinggi dan banyak fitur, teko listrik dengan harga yang lebih mahal bisa Anda pertimbangkan.

Baca Juga: 5 Tips Simpel Meningkatkan Mood Setiap Hari

9. Perhatikan waktu merebusnya

Photo from Pexels

Teko listrik memanaskan air menggunakan energi listrik. Kecepatan merebus bergantung pada konsumsi daya listrik, meskipun tidak terlalu berbeda dalam praktisnya. Selain itu, jumlah air juga berpengaruh. Semakin banyak air, maka akan semakin lama mendidih. Jika menginginkan teko listrik yang memanaskan air dengan cepat, pilihlah teko dengan daya konsumsi energi yang besar.

“Agar air cepat mendidih, Anda perlu memperhatikan debit air dan kemampuan teko menghasilkan panas dengan cepat.”

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan seberapa cepat teko listrik tersebut merebus air. Pasalnya, alasan orang menggunakan teko listrik adalah karena kemampuannya yang bisa menghasilkan air panas dalam waktu singkat. Sebagian besar teko listrik membutuhkan waktu 3-4 menit untuk merebus air. Jika lebih cepat, lebih baik. Anda juga perlu berhati-hati pada beberapa model teko listrik yang rentan terhadap peningkatan skala, hal ini dapat mengurangi kinerjanya.

10. Tidak menimbulkan suara

Photo by Milada Vigerova on Unsplash

Meskipun teko listrik tidak menimbulkan suara sekeras peralatan dapur lainnya, perangkat elektronik satu ini masih menimbulkan suara bising terutama saat airnya sudah mendidih. Beberapa model teko listrik juga mengeluarkan suara untuk memberi tahu kamu kapan airnya akan mendidih.

“Untuk orang yang sulit konsentrasi, adanya bunyi akan sangat mengganggu. Karena itu pilihlah teko yang kedap suara.”

Kedua kebisingan ini tentu saja dapat menganggu. Terutama jika bunyi tersebut terus berlanjut terlalu lama atau tidak ada cara mudah untuk mematikannya. Jika kamu termasuk orang cukup peka terhadap suara, maka sebaiknya pilih teko listrik yang bisa meredam suara.

Demikianlah 10 tips untuk Anda yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli atau yang tertarik menjadi reseller produk teko listrik. Teko listrik banyak diproduksi oleh berbagai manufaktur. Masing-masing memiliki desain dan keunggulan yang berbeda-beda. Semuanya mudah digunakan bila Anda tepat dalam memilih teko listrik sesuai tujuan penggunaan Anda. Ayo pilih teko listrik yang sesuai dengan selera dan gaya hidup Anda.

Nah, buat Anda yang ingin membeli teko listrik yang sedang laris dan banyak diminati ibu-ibu muda, Idealife memperkenalkan Auto Electric Kettle. Produk ini memiliki model yang elegan dan kuat. Alasan kenapa produk ini sangat diburu adalah adanya overheat protection, sehingga mesin akan mati ketika air telah mendidih. Pengaman ini terbukti sukses menghindarkan pengguna dari kebakaran. Untuk Anda yang tertarik menggunakan dan menjadi reseller, produk ini bisa Anda temukan di Outletz.id. Sebelumnya, Anda perlu registrasi terlebih dahulu. Caranya mudah. Klik https://go.outletz.id. Semoga bermanfaat.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: