TOP 10 Situs Belanja Online Paling Laku & Tepercaya di Indonesia

Outletz-marketplace-online-shop-paling-laku

Tak banyak pebisnis online tahu dimana tempat mempromosikan barang jualan atau situs belanja yang paling laku dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia. Outletz akan memberikan TOP 10 daftar situs belanja yang bisa Anda percaya. Dengan mengupload barang di situs-situs tersebut,  pebisnis online bisa berjualan dengan tenang dan omzet meningkat puluhan kali lipat.

Mempromosikan dan menjual produk kini tidak hanya melalui media sosial saja. Anda bisa merambah ke marketplace maupun e-commerce yang mempertemukan seller dan konsumen. Toko online yang bisa diakses secara gratis itu memang mempermudah kamu yang ingin menjual produk.

Kemudahan berbisnis online dalam menarik konsumen ini bisa dirasakan semua lapisan. Misalnya kamu telah memiliki produk lalu ingin menjualnya di situs belanja online atau Anda adalah seorang pebisnis yang pernah memiliki toko offline yang kali pertama terjun di dunia bisnis online pun juga bisa menggunakan marketplace maupun e-commerce itu.

Namun dengan banyaknya situs belanja online di Indonesia, mungkin Anda bingung mana yang kredibel, bisa dipercaya, dan paling diburu para wanita. Untuk menambah referensi, berikut adalah TOP 10 situs belanja online :

1. Tokopedia

(sumber: Tokopedia)

Tokopedia menjadi marketplace nomor 1 dan yang sangat ramai dikunjungi pengguna. Berdiri pada awal 2009, Tokopedia dinilai sebagai pemimpin pasar dalam ranah marketplace online di Indonesia. Paling tidak, Tokopedia memiliki jumlah modal yang sangat besar berkat USD 100 juta (Rp 1,2 triliun) yang disuntikkan beberapa bulan lalu oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

William Tanuwijaya selaku CEO mengatakan bahwa saat ini mereka memiliki “ratusan ribu” penjual yang bertumbuh jumlahnya sebesar 30 persen setiap bulan. Saat ini Tokopedia memiliki 3,3 juta produk aktif, dimana sekitar 2 juta produk terjual di platform setiap bulannya.

2. Bukalapak

(sumber: Bukalapak)

Situs bisnis online kedua yang trafiknya tinggi adalah Bukalapak. Didirikan pada awal 2010 sebagai salah satu produk portofolio agensi digital bernama Suitmedia, Bukalapak bertumbuh sebagai salah satu produk online terbesar karya anak bangsa di Indonesia. Achmad Zaky selaku CEO mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 150.000 penjual dan 1,5 juta produk aktif di Bukalapak.

Pada Januari 2014, Achmad mengatakan bahwa Bukalapak memproses transaksi senilai Rp 500 juta setiap harinya. Di website ini, para pengguna dapat melakukan aktivitas jual beli dengan harga pas maupun harga yang siap untuk dinegosiasikan. Bukalapak memiliki fitur dompet virtual bernama Bukadompet sebagai salah satu metode pembayaran.

3. Forum Jual-Beli Kaskus

(sumber: Forum Jual Beli Kaskus)

Peringkat ke-3 adalah forum jual-beli Kaskus. Berangkat dari forum diskusi, Kaskus menjadi besar dengan adanya forum yang fokus pada jual-beli. Meskipun hanya sebagai sub bagian dari kaskus.co.id akan tetapi transaksi fjb di kaskus.co.id boleh dibilang sangat ramai. Mungkin karena statusnya sebagai pioner transaksi online di Indonesia serta statusnya sebagai forum diskusi online terbesar di Indonesia membuat kaskus.co.id memiliki lebih banyak anggota dibandingkan marketplace yang lain.

“Problem terbesar bisnis online adalah sulit mencari supplier yang bisa dipercaya.”

Masalah ini biasanya dirasakan penjual yang mengambil barang dari orang lain atau dropshipper. Stok barang habis, supplier sulit dihubungi, dan bahkan ada supplier yang menghilang saat barang banyak dicari pembeli. Tidak ingin pengalaman buruk itu terjadi lagi, kan? Cek solusi  menggunakan platform Outletz (pendaftaran gratis).

(sumber: Outletz.id)

Jika Anda bergabung dengan Outletz, ada banyak benefit yang bisa dinikmati. Anda akan bertemu dengan supplier tepercaya dengan variasi barang dagangan mencapai ribuan. Cara registrasinya mudah dan Anda tinggal mengikuti step by step sebagai berikut:

  1. Masuk ke web utama Outletz dan klik “Daftar Gratis Sekarang“.
  2. Isi kolom daftar dan klik registrasi.
  3. Setelah login sukses, gunakan username dan password untuk sign in.

Inilah cara mendaftar dengan gratis, mudah dan langsung mendapatkan supplier tepercaya menggunakan platform Outletz.id

4. Lazada Indonesia

(sumber: Lazada)

Posisi selanjutnya ditempati Lazada Indonesia. Lazada merupakan situs e-commerce yang diluncurkan, diinkubasi, dan mendapat pendanaan dari Rocket Internet, sebuah perusahaan e-commerce asal Jerman dan mulai hadir di Indonesia pada tahun 2012. Lazada merupakan startup dengan nilai pendanaan yang terbesar di Asia Tenggara.

Terkenal sebagai Amazon-nya Asia, Lazada sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Empat tahun beroperasi di Indonesia, Lazada telah berkembang menjadi pelaku e-commerce B2C terbesar di Indonesia. Basis pengguna Lazada Group di Asia Tenggara tercatat sebanyak 5,3 juta di penghujung kuartal pertama tahun 2015.

5. Blibli

(Sumber: Blibli)

Situs belanja online yang ramai diburu pengguna internet adalah Blibli. Sebagai salah satu pelopor online shopping mall di Indonesia, Blibli.com berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman dan menyenangkan. Hadir dengan tagline Big Choices Big Deals, Blibli.com menawarkan lebih dari 100.000 produk pilihan ke dalam 14 kategori, mulai dari kategori Handphone & Tablet hingga Kuliner. Tak hanya itu, serangkaian program big deals seperti Monday Mom’s Day, Rabu Cantik, Kamis Ganteng dan Fun Weekend Deal pun hadir setiap minggu untuk memanjakan konsumen.

6. Shopee Indonesia

(sumber: Shopee Indonesia)

Situs belanja online tepercaya yang sedang naik daun adalah Shoppe Indonesia. Shoppe merupakan marketplace yang fokus menghadirkan layanan jual beli online di perangkat mobile. Setiap tanggal 1 Desember 2016 Shopee merayakan hari jadi karena hari itu mulai melayani para pengguna mereka di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.

Selama satu tahun beroperasi, Shopee mengklaim kalau mereka telah melayani transaksi senilai US$1,8 miliar (sekitar Rp24 triliun) dengan pertumbuhan sekitar 43 persen setiap bulannya. Setiap harinya, Shopee rata-rata melayani lebih dari 250.000 transaksi, dengan sekitar 100.000 di antaranya berasal dari Indonesia. Di tanah air sendiri, mereka telah berhasil menjangkau 515 kota dan menggaet ribuan pengguna aktif.

7. OLX Indonesia

(sumber: OLX Indonesia)

Peringkat terbaik selanjutnya ditempati OLX Indonesia. OLX merupakan marketplace yang telah hadir di lebih dari 106 negara ini berhasil menjadi penyedia jasa layanan jual beli online di Indonesia. Menariknya pengguna OLX Indonesia tidak hanya mencari barang baru tapi juga jasa serta barang bekas.

Bagi Anda yang masih bingung menjalankan bisnis online dan tertarik mempelajari online shop lebih dalam, Anda boleh bergabung dalam komunitas pebisnis online yang rutin diselenggarakan Outletz.id. Salah satu program untuk meningkatkan pengetahuan anggota akan tren bisnis online terkini adalah event-event menarik yang mendatangkan para praktisi expert di bidang bisnis online.

Bila bergabung dengan event menarik selanjutnya, Anda bisa belajar dan mengelola bisnis online secara baik sehingga bisa menghasilkan banyak keuntungan. Terlebih untuk Anda yang  yang sedang fokus membangun online shop didukung dengan media sosial sebagai alat marketing sehingga penjualan produk semakin laku dan dicari konsumen. Untuk info event menarik selanjutnya, kamu bisa mendaftar pada link berikut ► Cek Event Menarik Komunitas Bisnis Online.

8. Elevenia Indonesia

(sumber: Elevania Indonesia)

Situs belanja online yang tepercaya selanjutnya adalah Elevania Indonesia. Elevenia adalah hasil kerja sama antara XL Axiata dengan perusahaan layanan online dan mobile asal Korea Selatan, SK Planet. Keduanya memasukkan total US$18,3 juta (sekitar Rp238 miliar) sebagai modal awal untuk proyek ini dan optimis akan bisa menguasai pasar Indonesia dalam jangka panjang. Baru-baru ini, elevenia memperkenalkan Raisa Andriana sebagai brand ambassador barunya.

Elevenia merupakan salah satu pemain termuda di daftar ini, namun mereka sangat agresif dan telah mencatat pertumbuhan sangat besar di tahun pertama operasinya. Diluncurkan pada bulan Maret 2014, perusahaan hasil joint venture antara XL Axiata dan SK Planet asal Korea Selatan ini memiliki 2 juta produk aktif dan melayani 8.000 order setiap harinya.

9. Blanja

(sumber: Blanja)

Situs belanja yang memiliki trafik tinggi selanjutnya adalah Blanja. Blanja adalah perusahaan joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay yang mulai beroperasi pada tahun 2013. Dari “hanya” 600 penjual, Blanja mengklaim kalau mereka telah memiliki lebih dari 1 juta produk di dalam situs mereka pada tahun 2014 silam.

Sebagai perusahaan joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay, kehadiran Blanja memiliki potensi besar untuk membuat saingannya was-was. Walau sudah beroperasi sejak 2013, Blanja baru secara resmi diluncurkan pada Desember 2014. Dari “hanya” 600 penjual, Blanja klaim telah memiliki lebih dari 1 juta produk di dalam website. Blanja mengambil komisi dari setiap penjualan yang terjadi di dalam platform.

10. Zalora Indonesia

(sumber: Zalora Indonesia)

Zalora menjadi situs belanja online yang bisa Anda percaya untuk mempromosikan produk terlebih di bidang fashion. Zalora adalah salah satu situs e-commerce fashion buatan Rocket Internet yang cukup terkenal di Asia. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pria dan wanita dan memiliki salah satu koleksi terbesar dari merek-merek terkenal di Indonesia.

Zalora juga memiliki beberapa desainer dan produsen lokal yang memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan berbagai macam konsumen dan tetap menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan dengan beberapa gerai ritel di Indonesia. Di tahun 2014, Zalora mengklaim kalau mereka telah memiliki 2.000 penjual dan 100.000 produk.

Itulah ke-10 toko online yang paling populer dan paling dicari sehingga memiliki rank yang cukup tinggi di Alexa Rank. Semoga ulasan di atas membantu kamu dalam mengembangkan penjualan produk Anda.

Bagi Anda yang tertarik bergabung dengan komunitas bisnis online dan ingin ikutan event komunitas selanjutnya, silahkan Cek schedule Event disini ► Schedule Events Komunitas bisnis online.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: