10 Jenis Peluang Bisnis Online Cuma Modal 500 Ribu

OUTLETZ-peluang-usaha-cuma-modal-500-ribu

Indonesia merupakan salah satu pasar e-commerce yang potensial di Asia. Jumlah ini terlihat dari survei We Are Social tahun 2018 yang menyatakan bahwa 40 persen dari 132,7 juta pengguna internet Indonesia membeli barang dan jasa secara online.

Karena fakta ini, banyak orang berlomba mencoba berbisnis online. Namun tetap saja, modal menjadi penghambat sebelum memulai usaha. Padahal bila teliti, ada banyak produk yang bisa Anda tawarkan dengan modal yang terbatas. Misalnya Anda hanya memiliki dana Rp 500 ribu.

Penasaran peluang usaha apa yang bisa dipilih hanya dengan modal Rp 500 ribu saja? Berikut beberapa jenis usaha yang umum dan memiliki banyak pencari sehingga Anda bisa menjalankan bisnis online dengan minim modal.

1. Pakaian

Pakaian merupakan komponen belanja paling banyak diburu konsumen (Photo by Becca McHaffie on Unsplash)

Percaya atau tidak, belanja konsumen Indonesia paling banyak dihabiskan untuk membeli produk fesyen dan kosmetik. Kedua produk itu menyumbang 33,04 triliun.

Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk ikut berjualan barang yang berkaitan dengan fesyen ataupun kosmetik. Kedua barang itu biasanya disukai kaum hawa. So, Anda paham bagaimana cara menjual dan memiliki keluwesan seakan menjual pada perempuan.

2 Perjalanan Pariwisata

Jasa konseling travelling pun bisa mendatangkan pundi-pundi (Photo by Kelsey Knight on Unsplash)

Jangan sepelekan gambar destinasi wisata yang indah setiap liburan menyapa. Sebab inilah yang membuat orang-orang berlomba untuk hunting tiket murah sembari mencari tanggal yang pas sebelum mengajukan cuti. Apalagi yang ingin dikejar kalau bukan liburan asyik.

Nah, buat kamu yang memang suka dan memiliki banyak pengalaman mengunjungi tempat wisata, hal ini bisa menjadi modal. Banyak lho blogger, vlogger, selebtwit maupun selebgram yang menawarkan jasanya untuk mendampingi atau menjadi tur guide pariwisata. Bentuknya bermacam-macam bisa pas hunting tiket, memberikan contoh itinerary secara mendetail hingga menjadi tur guide secara langsung.

3. Hijab

Hijab pun banyak diburu para muslimah ketika mencari tren fesyen terbaru (Photo by Savs on Unsplash)

Sekarang ini jumlah pengguna hijab di Indonesia semakin hari semakin tinggi. Tentu ini bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi pasar hijab bisa menjangkau dari anak-anak hingga orang tua.

Tertarik menjalankan usaha ini? Pastikan kamu selalu mengikuti tren hijab yang selalu berganti. Jangan malas untuk update mode terbaru yang sedang tren sehingga online shop kamu mudah dikenal di media sosial.

4. Dropship

Dropship bisa menjadi jalan keluar mencari keuntungan ketika minim modal (Photo by William Iven on Unsplash)

Dropshipper adalah orang yang menjalankan bisnis hampir tanpa modal. Kamu hanya perlu menentukan jenis barang yang ingin kamu jual, mencari supplier-nya, dan menentukan media pemasaran. Misalnya lewat Instagram, Facebook, dan sebagainya.

“Dengan dropship, kamu tidak perlu repot grosir barang lagi untuk diecer karena yang mengirim barang ke pelanggan adalah supplier.”

Meski relatif mudah, kamu harus jeli dalam memilih supplier barang. Cari pedagang yang jujur dan bisa dipercaya. Sebab, kita tidak bisa melihat langsung kualitas barang yang kita jual. Berbeda dengan reseller yang menerima barang dari supplier terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan pelanggan.

Ingin cari dropship yang aman dan tepercaya serta nggak menyita banyak waktu? Kamu bisa bergabung dengan Outletz.id. Dengan mendaftar secara gratis, kamu bisa merasakan enaknya mencari uang dengan dropship dan kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

5. Kosmetik

Produk kosmetik pun banyak dicari perempuan (Photo by Charisse Kenion on Unsplash)

Perempuan dan kosmetik adalah dua hal yang bersinggungan. Kamu bisa menjadikan kondisi ini sebagai peluang usaha yang ditegaskan dari fakta bahwa konsumen terbesar masyarakat Indonesia adalah fesyen dan kosmetik.

Tak perlu modal yang besar, kamu bisa menawarkan kosmetik dalam bentuk sample. Dengan begitu, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup unggah produk kosmetik yang kamu tawarkan ke situs belanja online atau media sosial online shop sehingga kamu bisa menerima order dengan lebih mudah dan simpel.

6. Pulsa

Pulsa merupakan peluang usaha paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja tanpa banyak modal (Photo by Rob Hampson on Unsplash)

Ada yang bilang sekarang ini kebutuhan primer manusia telah bertambah, yakni: papan, sandang, pangan dan kuota. Usaha yang banyak diminati sejak lama ini memang menggiurkan karena siapa sih yang tidak butuh pulsa?

Memulai usaha ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan minim modal. Anda bisa menjual pulsa dari beberapa operator yang berbeda sehingga siapa saja yang membutuhkan pulsa bisa langsung membeli ke Anda.

7. Mainan dan Hobi

Meski menyasar pasar tertentu, mainan dan hobi masuk dalam belanja konsumen Indonesia terbanyak pula (Photo by Daniel Cheung on Unsplash)

Menjual sesuai yang disukai memang kadang memberatkan hati tapi produk ini lumayan banyak disukai masyarakat Indonesia. Tercatat 19,24 triliun dihabiskan untuk membeli mainan dan hobi.

Bila dirasa lemari sudah tidak muat dan Anda akan membeli mainan baru, tidak ada salahnya bila merelakan produk lawas yang untuk dijual. Tidak hanya mainan, mungkin saja Anda memiliki koleksi lainnya.

8. Makanan

Berjualan minuman dan makanan bisa menambah pendapatan kamu juga (Photo by Devin Avery on Unsplash)

Sejauh ini jarang ada yang menolak bila Anda menawarkan produk berupa makanan. Tahun 2017 masyarakat Indonesia menghabiskan 7,95 triliun untuk membeli makanan. Jenis ini bisa menjadi peluang Anda untuk berbisnis.

Mengingat banyak jenis makanan yang tersedia, Anda tinggal memilih akan menawarkan satu barang saja atau bisa bermacam-macam. Misalnya Anda membuka online shop yang fokus makanan sehat atau menjual camilan saja.

9. Jasa menulis atau penerjemah

Lahan ini bisa menjadi ladang untuk para penulis mencari uang (Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash)

Tak perlu mengeluarkan modal apapun, hanya ide saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Caranya mudah, dengan menawarkan jasa. Jika kamu suka menulis, maka bisa menjadi seorang penulis freelance.

10. Membuat Event Organizer

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang sering menjadi panitia sebuah acara di sekolah atau kampus (Photo by Nik MacMillan on Unsplash)

Untuk kamu yang kerap menjadi panitia ketika sekolah maupun di kampus, mengurusi sebuah acara tentu bukan hal yang sulit. Nah, ternyata pengalaman ini bisa menjadi modal untuk membuat sendiri sebuah event organizer.

Mungkin awalnya kamu sendiri dalam membuat proposal dan mengatur sebuah acara tapi ketika klien setuju, kamu bisa mengbayar orang lain untuk bergabung dan membantu kamu. Pekerjaan ini nggak membutuhkan banyak modal.

Terbukti, kan? Sekarang, kamu sudah tak punya alasan lagi untuk tidak memulai bisnis sendiri karena permasalahan utama yaitu modal telah terpecahkan. Peluang begitu banyak dan terbuka lebar di luar sana, hanya kamu saja yang wajib pintar-pintar memilah dan menjalankannya. Selamat mencoba dan memulai usahamu ya!

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: