10 Hal Wajib Ada Sebelum Memulai Online Shop Beromzet Jutaan

OUTLETZ-hal-wajib-faktor-dimiliki-ada-sebelum-memulai-membuka-online-bisnis-shop-beromzet-jutaan-perbulan

Siapapun kini bisa memulai bisnis online. Tanpa takut terkendala usia, gender maupun segala kepentingan, semua orang bisa melakukannya. Anda yang sedang menjalani kontrak pada suatu perusahaan pun bisa membuka bisnis Anda sendiri sebagai usaha sampingan. Bisnis online kini tidak dianggap cara berbisnis yang sulit dan hanya untuk anak muda saja. Bisnis online kerap digaungkan sangat mudah dan bisa dijangkau siapapun. Asalkan dengan adanya internet yang mumpuni, Anda bisa memulainya.

Namun bukan berarti tidak ada halang-rintang. Maksudnya, untuk bisa bertahan berbisnis online pun, Anda wajib mempersiapkan banyak hal. Sama seperti ketika Anda menyeberangi danau menggunakan kapal yang supercanggih, bukan berarti Anda tidak perlu mahir berenang, bukan? Skill tersebut perlu ada jika sewaktu-waktu diperlukan. Bisa saja kapal mengalami problem sehingga Anda perlu berenang.

Oke kembali fokus pada bisnis online. Untuk bisa bertahan dan bisa bersaing dengan pebisnis lainnya, Anda perlu mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan online shop Anda. Apa saja? Outletz.id menyajikan 10 hal wajib dimiliki sebelum memulai online shop beromzet jutaan perbulan. Yuk, simak beberapa hal yang harus kamu terapkan sebelum terjun dalam dunia bisnis.

1. Tentukan Rencana

Photo by Štefan Štefančík on Unsplash

Persiapan utama sebelum Anda memilih berbisnis yaitu menentukan rencana yang sudah matang. Bisnis ini boleh Anda mulai sendiri atau mengajak orang lain yang memiliki visi dan misi yang sama. Mengapa Anda perlu perencanaan yang matang? Mungkin Anda merasa bisnis online hanya kerjaan sampingan, kenapa harus dipikir terlalu dalam?

  • Meski sampingan, bukan berarti disepelekan: Sebaiknya Anda wajib memilikirkan detail bisnis online yang dibutuhkan saat memulai. Ini penting karena konsep yang kuat akan terlihat pada visual bisnis online Anda. Dampaknya, foto produk Anda akan bagus, caption akan mengena dan media sosial Anda disukai pengguna lainnya.
  • Tidak sia-sia: Jika sejak awal Anda berusaha keras dan tidak meremehkan bisnis online, bisa jadi usaha Anda akan kuat sehingga bisa bertahan lama. Jika itu terjadi, usaha Anda tidak sia-sia dan waktu tidak terbuang begitu saja.
  • Pondasi kuat: Persiapan yang kuat akan membantu ketika bisnis Anda berproses. Analoginya ketika perahu Anda dibangun dengan kayu kualitas terbaik, Anda tidak takut akan tenggelam. Berbeda jika kualitas kayu menggunakan kualitas yang buruk. Bisa jadi di tengah perjalanan, perahu akan tenggelam. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan rencana bisnis online secara matang.
Baca Juga: 7 Cara Sukses Memulai Online Shop dari Nol

2. Fokus

Photo by Tim Gouw on Unsplash

Fokus mempermudah Anda dalam menjalankan rencana yang sudah Anda susun. Jika dalam perjalanan bisnis online Anda, ada hal yang perlu diperbaiki. Sebaiknya tunggu sebentar dan pikirkan secara matang. Jangan tergesa-gesa memilih pilihan. Pastikan dulu segala sesuatu yang telah Anda siapkan berjalan lancar.  Tunggu perkembangannya dalam beberapa periode yang sudah Anda tetapkan.

“Fokus sangat penting dibutuhkan saat akan memulai bisnis online agar prosesnya berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun.”

Jika dirasa seluruh usaha yang telah dilakukan belum maksimal, Anda bisa menjalankan rencana selanjutnya. Namun, Anda perlu mengamati kesalahan yang ada pada rencana sebelumnya agar tidak gagal untuk kedua kalinya. Dengan belajar pada pengalaman sebelumnya akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih tangguh dan waspada apabila terjadi hal-hal yang berada diluar kehendakmu. Jadi, jangan mudah menyerah untuk terus mencoba dan mencoba.

3. Bertemu dengan Komunitas Bisnis

Photo by rawpixel on Unsplash

Pernahkah Anda mendengar, lingkungan yang baika akan memberikan dampak yang baik pula untuk Anda. Begitu pula bila Anda bertemu dengan komunitas bisnis yang baik. Bila Anda bergabung dengan komunitas bisnis, ini akan membantu Anda untuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai bisnis dan tren akan yang sedang diminati.

“Bergabung dengan komunitas akan membantu Anda lebih paham dan mengetahui perkembangan tren bisnis online.”

Lalu bagaimana caranya pebisnis pemula bisa bergabung dengan komunitas bisnis? Ada banyak cara bergabung dengan komunitas bisnis. Ada banyak grup bisnis di Facebook. Namun sayangnya tidak semua grup memiliki anggota yang aktif sehingga banyak membantu Anda. Cara lainnya adalah bergabung dengan komunitas bisnis online yang dibangun Outletz.id, sebuah platform buatan anak bangsa yang menjembatani supplier-reseller agar mudah bertransaksi. Lalu bagaimana cara bergabung? Anda bisa mengikuti event seminar bisnis yang rutin diadakan setiap bulan. Untuk mengecek jadwal selanjutnya, Anda bisa segera klik ► https://outletz.id/events/

4. Tentukan Produk

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Berbagai pertimbangan dibutuhkan untuk menentukan produk yang akan Anda jual. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu, kesiapan dalam mengelola produk tersebut. Ini hanya berlaku jika ternyata Anda memiliki keinginan untuk menjual berbagai produk makanan, minuman, atau yang lainnya yang akan membutuhkan proses pembuatan. Pastikan produk yang kamu punya ekslusif dan unik agar bisa menjadi pembeda di pasar.

“Jangan lupa lihat prospek produk ke depan. Bisa saja produk yang akan Anda jual hanya akan laris dalam kurun waktu singkat karena sedang booming. Usahakan memilih produk yang memiliki masa panjang.”

Selanjutnya, jika berniat menjadi reseller, Anda tentu membutuhkan mitra bisnis. Tempat penyimpanan barang juga harus diperhatikan agar Anda tidak kewalahan menampung banyaknya produk di tempat tinggalmu. Namun Anda tidak membutuhkan tempat penyimpanan jika tertarik berbisnis online secara dropship.

5. Anggaran

Photo by rawpixel on Unsplash

Salah satu poin penting dalam membangun bisnis adalah ketersediaan anggaran. Sebelum memutuskan untuk menjadi entrepreneur, pastikan Anda memiliki modal yang cukup. Tidak ada patokan jumlah tertentu. Itu tergantung pada kebutuhan dan bagaimana Anda mampu untuk mengelolanya. Jika Anda dapat mengelola dengan efektif tentu segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

“Setiap modal tidak ada patokan tertentu tergantung pada jenis bisnis dan variasi produk yang akan Anda jual.”

Jika Anda tertarik berbisnis online dropship, modal awal tidak banyak. Namun apapun yang bisnis dipilih, cermati baik-baik anggaran yang benar-benar dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya utang dan justru akan menghambat bisnis di awal. Dengan anggaran yang tepat akan bisa membuat bisnismu berjalan lancar ke depan.

Baca Juga: 5 Jenis Produk Terlaris Untuk Bisnis Online Dropship

6. Miliki Website

Photo by Kobu Agency on Unsplash

Mungkin awalnya Anda hanya ingin produk-produk yang dijual hanya dipasarkan di marketplace dan Instagram. Kedua media tersebut memang sangat membantu pebisnis pemula dalam memasarkan produk agar lebih dikenal pengguna internet. Namun jika bisnis Anda sudah besar, toko online Anda perlu memiliki websiter sendiri. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan memilih produk.

“Adanya website membuat online shop Anda dipandang lebih serius dan memiliki pelanggan yang banyak.”

Jika online shop memiliki website sendiri, Anda lebih mudah memajang dan menjual berbagai produk. Yang perlu menjadi perhatian adalah usahakan Anda memiliki website yang terlihat cantik di mata konsumen. Anda bisa menggunakan jasa desainer yang ada untuk mempercantik tampilan websitemu.

7. Pilih Nama yang Tepat

Photo by Adam Solomon on Unsplash

Ungkapan nama adalah doa sepertinya juga harus diterapkan dalam memilih penamaan toko online. Dengan nama yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksekan bisnismu. Anda bisa memilah nama berdasarkan dengan karakter online shop. Misalnya Anda akan membuat online shop yang menjual perlengkapan bayi, Anda bisa menggunakan istilah nama-nama berkaitan dengan bayi atau sesuatu yang berhubungan dengan kelahiran.

“Nama online shop yang tepat akan mempermudah calon konsumen maupun pelanggan mengingat toko Anda.”

Usahakan juga nama yang Anda pilih tidak pasaran karena akan menyulitkan pelanggan untuk menemukan produkmu. Cukup beri nama yang familiar dan memiliki keterkaitan dengan produk yang Anda jual agar pelanggan mudah mengingat tokomu.

Baca Juga: 5 Caption Online Shop di Facebook Beromzet Jutaan Perbulan

8. Memiliki Identitas Toko

Photo by Alejandro Escamilla on Unsplash

Untuk membangun rasa percaya pelanggan maupun calon konsumen, Anda wajib mencantumkan identitas online shop Anda secara lengkap. Upaya ini dilakukan untuk mencegah ada hal yang tidak diinginkan. Sebab kebanyakan pelanggan maupun calon konsumen akan memastikan toko online yang dituju memiliki standar yang baik lewat testimoni ataupun referensi teman. Selain itu, kemudahan pelanggan dalam mengakses informasi mengenai toko online juga perlu diperhatikan.

“Anda wajib mencantumkan identitas online shop Anda agar calon konsumen maupun pelanggan mudah menghubungi Anda.”

Untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan maupun calon konsumen, Anda perlu menyantumkan alamat dan juga nomor telepon pada bagian bio agar mereka bisa menghubungi Anda sewaktu-waktu. Anda juga perlu menambahkan email beserta akun sosial media yang dimiliki toko agar komunikasi lebih mudah dan lancar.

9. Kualitas Produk dan Pelayanan yang Prima

Photo by rawpixel on Unsplash

Banyak penjual yang memberikan kualitas terbaik pada masa-masa awal bisnis, namun mengalami penurunan seiring berkembangnya bisnis. Naiknya bahan baku dan adanya faktor lain cenderung mempengaruhi penurunan kualitas tersebut. Hal tersebut justru akan membuat pelanggan yang sebelumnya loyal malah kecewa dan pergi. Pastikan Anda tidak menjual berbagai produk yang asal-asalan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya.

“Selalu jaga kualitas produk jualan agar pelanggan setia Anda tidak pergi dan melirik online shop lain.”

Selain produk, kualitas pelayanan juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Tak seorangpun pelanggan suka dengan pelayanan yang buruk ketika mereka berbelanja. Dengan memberikan pelayanan terbaik akan membuat pelanggan terkesan dan kembali lagi untuk berbelanja di tempatmu.

Baca Juga: 7 Cara Gratis Tingkatkan Penjualan Bisnis Online di Facebook

10. Lakukan Promosi di Berbagai Channel

Photo by Saulo Mohana on Unsplash

Jika seluruh aspek dalam mengembangkan bisnismu sudah terpenuhi, hal selanjutnya yaitu memperkenalkan produk ke khalayak luas. Lewat promosi yang maksimal akan membuat bisnismu cepat dikenal. Terlebih lagi dengan persaingan yang ada saat ini membuatmu butuh kerja keras lebih lagi agar mampu mencuri hati pelanggan.

“Promosi pada chanel yang tepat akan membantu mendongkrak penjualan di online shop Anda.”

Anda bisa melakukan promosi mulai dari media yang mudah seperti media sosial. Anda bisa fokus membuka online shop di Facebook dan Instagram karena kedua medsos tersebut memiliki pengguna terbesar di Indonesia. Facebook dan Instagram terbukti menjadi media sosial yang tepat sebagai ajang promosi produk. Dengan promosi yang tepat, pasti dapat mendongkrak angka penjualan dengan cepat.

Itulah ke-10 hal yang wajib ada sebelum Anda memulai berbisnis online. Pada dasarnya, passion dalam menjalankan bisnis menjadi hal terpenting jika Anda memutuskan untuk berbisnis online. Tanpa adanya passion dari dalam diri tentu akan menyulitkan. Setelah itu, 10 hal penting di atas bisa menjadi faktor pendukung yang dibutuhkan untuk melengkapi niat yang Anda miliki.

Jika belum sepenuhnya paham bagaimana cara memulai online shop, Anda bisa belajar langsung dari para pakar bisnis online. Caranya mudah. Anda hanya perlu mengikuti seminar yang diadakan Outletz.id. Anda bisa mengetahui setiap tahap membuka online shop dan akan dibantu untuk memulainya. Lalu bagaimana cara bergabung? Anda bisa mengikuti event seminar bisnis yang rutin diadakan setiap bulan. Untuk mengecek jadwal selanjutnya, Anda bisa segera klik ► https://outletz.id/events/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: