10 Bisnis Online di Bulan Puasa Modal Cuma Rp 350 Ribu

OUTLETZ-bisnis-online-bulan-ramadan-puasa-dibawah-300-ribu-murah-online-shop-penjualan-meningkat

Bulan Ramadan telah tiba. Untuk Anda yang tertarik membuka bisnis, ini merupakan bulan yang baik. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba ikut serta menjual sesuatu. Meski sudah masuk bulan puasa, ini juga belum terlambat buat Anda mencoba berbisnis, khususnya bisnis online. Sungguh disayangkan bila Anda melewatkan kesempatan berharga ini.

Yang perlu diketahui untuk Anda yang masih ragu akan berbisnis online di bulan yang penuh berkah, ternyata minat belanja masyarakat mengalami peningkatan signifikan. Hal ini dibuktikan oleh Google yang merilis data terkait peningkatan minat belanja menjelang bulan puasa. Hampir semua kategori produk mengalami kenaikan angka penjualan.

Lalu apa saja produk atau jasa apa saja yang bisa menjadi peluang usaha dengan modal yang minim atau sekitar Rp 350 ribu saja. Outletz akan memberikan informasi mengenai 10 ide peluang usaha di bulan Ramadan dengan modal terbatas. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Jualan Takjil atau Minuman Segar

Photo by Tookapic on Pexels

Momen berbuka puasa adalah momen yang dinantikan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa pasti akan membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka. Itulah kesempatan yang sangat tepat untuk Anda jadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar adalah hidangan yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

“Takjil ini sangat diminati orang-orang yang berpuasa dan selalu ramai saat akan menjelang berbuka.”

Anda bisa mulai menjual di halaman rumah, di pinggir jalan, atau bisa juga Anda bawa ke tempat kerjamu. Dengan menjual takjil, Anda tidak hanya menambah penghasilan tapi juga membantu orang untuk berbuka di tengah kesibukannya loh. Ditambah lagi untuk memulai usaha ini, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta, Anda bisa mulai bisnis yang menjanjikan ini.

2. Katering Makanan

Photo on Pixabay

Sebelum memulai hari, orang yang berpuasa akan mengisi perutnya terlebih dulu saat sahur. Tidak semua orang bisa masak dan punya waktu untuk menyiapkan makanan untuk sahur atau berbuka. Nah Anda juga bisa memanfaatkan keadaan ini untuk menambah uangmu dengan cara menjual makanan jadi dan memberikan jasa antar makanan. Hal ini akan memudahkan mereka yang terlalu sibuk atau tidak bisa menyiapkan makanannya sendiri.

“Saat berbuka atau sahur, orang-orang lebih suka membeli makanan. Ini merupakan kesempatan emas buat Anda yang ingin berbisnis online katering makanan.”

Membuka katering bukan berarti Anda yang terjun langsung memasak. Anda bisa bekerja sama dengan warung sekitar tempat tinggal, lalu memotret beberapa varisi makanan dan mengunggahnya ke warung online Anda. Bila ada yang memesan, Anda segera membantu memesan ke warung terdekat. Biaya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi. Karena Anda tidak menyiapkan variasi makanannya tentu akan lebih murah. Anda tinggal membantu menyiapkan kemasan dengan brand Anda.

3. Fashion Muslim

Photo by antas singh from Pexels

Merujuk data resmi dari Google, peningkatan pencaharian sebesar 30 persen terhadap produk pakaian terjadi menjelang bulan puasa hingga menjelang Idul Fitri. Wajar apabila di hari raya nanti, masyarakat ingin mengenakan pakaian baru saat bertemu dengan sanak saudara yang telah lama berpisah dan tidak bertemu demi memberi impresi terbaik. Berjualan pakaian saat menjelang bulan puasa hingga menjelang Idul Fitri adalah salah satu langkah tepat. Produk fashion muslim seperti baju koko, hijab, peci, dan sebagainya dijamin akan laku keras menjelang bulan Puasa. Apalagi dengan kemudahan internet, orang-orang lebih suka membeli di online shop. Ini merupakan kesempatan yang sayang dilewatkan untuk Anda yang tertarik membuka online shop di bulan Ramadan.

“Cara mudah berbisnis dengan modal cuma Rp 350 ribu adalah memulai bisnis online dropship.”

Untuk Anda yang tertarik berbisnis online secara dropship namun menginginkan produk fashion muslim yang lebih bervariasi, cobalah cek di Outletz.id (Pendaftaran gratis). Platform buatan anak bangsa itu terbukti bisa diandalkan karena mampu menjembatani supplier dan reseller. Bila bergabung dengan Outletz.id, Anda akan bertemu banyak supplier dengan variasi barang bermutu mencapai ribuan. Anda tidak takut dagangan sepi karena barang yang tersedia mengikuti tren barang yang sedang diminati. Cara registrasi mudah dan Anda tinggal mengikuti step by step sebagai berikut:

  1. Masuk ke web utama Outletz.id dan klik “Daftar Gratis Sekarang”.
  2. Isi kolom daftar.
  3. Untuk Anda yang ingin mencoba trial, bisa memilih yang free.
  4. Jangan lupa klik registrasi.

Inilah cara mendaftar dengan gratis, mudah dan langsung mendapatkan supplier tepercaya menggunakan platform Outletz.id. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan free ebook dropship menarik adalah “Panduan Bisnis Online Dropship Beromzet Ratusan Juta Perbulan” dari Outletz.id.

4. Gadget

Photo on Pexels

Dari data yang dilansir Google di tahun 2015, Smartphone mengalami pertumbuhan pencarian sebesar 17 persen pada bulan puasa. Hal tersebut dapat diindikasikan bahwa masyarakat sangat berminat membeli telepon genggam baru untuk menyambut bulan suci Ramadan. Karena di bulan puasa, masyarakat mencari distraksi dari kejenuhan dengan mencari sumber hiburan seperti menonton video, membaca berita, bermain game, dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan dengan smartphone.

“Peminat ponsel dan power bank bisa menjadi alasan kuat Anda untuk menjual gadget di bulan puasa.”

Tidak hanya smartphone, power bank juga menjadi kebutuhan penting dan memiliki banyak peminat. Power bank bisa membantu pengguna gadget yang membutuhkan baterai sembari sembari menunggu berbuka puasa di bulan Ramadan. Ketika ngabuburit di luar rumah, power bank akan sangat dibutuhkan guna menjaga smartphone tetap hidup. Selain itu, powerbank juga banyak dicari karena perjalanan mudik memakan waktu lama, terlebih lagi jika tidak menggunakan mobil pribadi sehingga tidak bisa mengisi ulang daya smartphone tanpa power bank.

5. Kue kering

Photo by buenosia carol from Pexels

Hari raya tidaklah lengkap tanpa kue kering khas Nusantara. Produk kue kering merupakan produk yang paling dicari dan pasti dibeli menjelang puasa. Biasanya, kue kering seperti nastar, putri salju, sagu keju, kastengel, dijadikan sebagai camilan berbuka puasa. Memang ada beberapa orang yang membuat sendiridi rumah namun yang lebih tertarik membeli di luar lebih banyak.

“Salah satu komponen yang tidak dilupakan saat bulan puasa adalah adanya cemilan berupa kue kering. Peminatnya membeludak saat bulan Ramadan.”

Kue kering adalah makanan yang wajib ada ketika Hari Raya Idul Fitri. Jadi tak heran peminatnya bertambah drastis menjelang lebaran. Banyak orang yang akan membeli kue kering dari jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, jadi untuk Anda yang suka dan mahir membuat kue kering, ayo lakukan bisnis ini selama Bulan Ramadan. Modal untuk berbisnis kue kering juga bermacam-macam, tergantung jumlah dan jenis bahan yang Anda pakai.

6. Kurma

Photo on Pinterest

Di bulan puasa, kurma menjadi buah yang paling diburu. Semua orang berlomba-lomba membeli kurma untuk dijadikan takjil buka puasa. Tak hanya itu, kurma juga dijadikan hidangan tamu saat Ramadan. Buah yang berasal dari daratan Timur Tengah, kurma, adalah ikon dan camilan wajib di bulan suci Ramadan.

“Ingin menjual barang laris di bulan Ramadan, jangan ketinggalan kurma sebagai buah paling wajib di bulan puasa.”

Tanpa pikir panjang, masyarakat akan membeli banyak buah kurma menjelang bulan Ramadhan, sebagai stok cemilan berbuka dan bersantai. Jadi, Anda bisa berjualan beberapa varian kurma untuk mendulang untung lebih. Anda pun bisa membantu orang-orang menyiapkan perlengkapan  takjilnya, bukan?

7. Parcel

Photo on Pixabay

Selain kue kering, baju baru, biasanya orang-orang juga akan memberikan parsel Lebaran kepada para kerabat. Jika Anda mempunyai bakat merangkai, tinggal beli saja bahan-bahan untuk parsel, sehingga kamu tinggal menyusun saja untuk dijadikan sebuah parsel. Sudah menjadi budaya di Indonesia untuk memberikan parcel di hari-hari besar keagamaan, termasuk menjelang bulan puasa hingga Idul Fitri. Parcel diberikan sebagai ucapan selamat dan syukur bagi yang menerima. Kebanyakan orang tidak membuat parcel sendiri, melainkan membeli parcel siap kirim.

“Parcel di bulan Ramadan sangat dibutuhkan untuk saling berkirim ucapan syukur. Untuk Anda yang memiliki bakat menata dan merangkai, usaha parcel ini sungguh menggiurkan.”

Modal yang dibutuhkan cukup berfariasi tergantung dari paket atau isi parsel itu sendiri. Namun Anda juga bisa menjalankan usaha khusus membuat atau merakit parselnya saja. Sementara apabila Anda mampu berkreasi sendiri tentunya ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena sudah jelas keuntungannya sangat besar. Untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen sebaiknya tetap membuat parsel dengan produk produk yang berkualitas dan jangan menghalalkan cara untuk meraup keuntungan dengan menjual produk kadaluarsa.

8. Peralatan Sholat

Photo by Luke Palmer on Unsplash

Bulan Ramadan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. Setiap umat muslim menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh, yang disempurnakan dengan ibadah Sholat. Peralatan sholat seperti sarung, peci, dan sajadah adalah jenis paling lairs menjelang bulan Ramadhan, terlebih lagi di Indonesia. Menjelang lebaran, pasti banyak orang ingin memiliki pakaian baru dan perlengkapan shalat yang baru. Gunakan momen itu untuk mencari uang tambahan. Perlengkapan ibadah seperti mukena,  kain sarung, peci, sajadah dan lainnya akan cukup laris dijual saat bulan puasa dan ini tentu saja merupakan lahan bisnis yang pantas untuk diliirik sambil menjalankan ibadah puasa.

“Tidak hanya pakaian muslim saja diminati, saat bulan puasa permintaan konsumen akan perlengkapan sholat juga meningkat.”

Tidak hanya dipakai sendiri, terkadang seseorang membeli perangkat sholat untuk diberikan pada orang lain. Ini juga mempengaruhi minat mereka untuk membeli perlengkapan ibadah yang baru sebagai kebutuhan pribadi maupun akan disumbangkan kepada pihak yang lebih memerlukan. Memulai bisnis ini memang membutuhkan modal yang besar, tapi jangan ragukan keuntungan yang kamu bisa dapatkan nantinya. Kisaran modal yang kamu butuhkan tergantung pada aksesori maupun pengkat sholat yang akan Anda jual.

9. Pengganti Asisten Rumah Tangga Sementara

Photo by Verne Ho on Unsplash

Salah satu kendala yang sering ditemui oleh orang-orang yang biasa memiliki Asisten Rumah Tangga (ART) adalah saat menjelang hari raya. Karena saat ini, banyak ART yang pulang kampung. Anda dapat mensiasatinya dengan menjadi penyalur asisten rumah tangga. Namun Anda harus memiliki sistem seleksi yang ketat terhadap calon asisten rumah tangga. Hal ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap anda dan mereka yang membutuhkan jasa tersebut.

“Adanya pengganti ART sementara akan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dan ini sangat menolong para ibu.”

Memang usaha di bulan puasa ini bisa dibilang langka. Namun jika anda memanfaatkan hal ini dengan baik, pasti tetap laku. Terlebih jika Anda melengkapinya dengan sistem berbasis IT, misalnya dengan aplikasi dan lain-lain. Dengan memanfaatkan media sosial, pencarian akan pengganti ART sementar akan lebih mudah.

10. Jasa Perbaikan dan Perawatan Rumah

Photo by Milivoj Kuhar on Unsplash

Saat menjelang hari raya, kegiatan bersih bersih rumah merupakan hal yang biasa dilakukan. Namun kadangkala, entah itu karena tidak punya waktu atau karena malas mereka jadi tidak melakukan hal tersebut. Mereka membiarkan rumah mereka kumuh saat lebaran. Menyediakan jasa renovasi tentu akan diperlukan untuk setiap rumah yang tidak ingin terkesn kumuh saat hari raya Lebaran.

“Tidak hanya ART, jasa renovasi rumah menjelang lebaran sangat dibutuhkan agar rumah juga terlihat siap menyambut hari nan fitri.”

Jika Anda punya ide, maka anda biasa menyiasati hal ini dengan menyediakan jasa renovasi atau perawatan rumah. Contoh jasa yang bisa didapatkan meliputi mengecat, memperbaiki atap rumah yang bocor, menata rapi bagian rumah baik eksternal ataupaun internal. Yang pasti usaha di bulan puasa satu ini begitu banyak dibutuhkan banyak orang.

Itulah penjelasan mengenai 10 ide peluang usaha di bulan puasa dengan modal cuma Rp 350 ribu. Bisnis online saat ini tentu sangat menguntungkan dan bulan ramadan merupakan momentum yang baik untuk Anda yang tertarik memulai berbisnis online.

Bila Anda kesulitan mencari supplier terjamin untuk barang di bulan puasa dan menjelang Lebaran, Anda bisa bergabung dengan para reseller yang telah merasakan banyak benefit dan keuntungan setelah bergabung dengan Outletz.id. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses melalui link berikut ini.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: